Tempat Doa Mustajab saat Umroh
Wisata

8 Tempat Doa Mustajab saat Umroh yang Wajib Diketahui

Dalam Al-Qur’an Surat AlGhaafir, ayat 60, jelas dikatakan bahwa Allah SWT. Sangat senang dengan pelayannya yang selalu berdoa dan meminta apa saja. Allah SWT juga berjanji untuk menjawab doa-doa hamba-hambanya.

Meskipun doa dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, tetapi ketika kita diundang oleh Tuhan untuk memberi, tentu waktu doa khusus. Untuk itu Anda perlu tahu 8 tempat shalat mustajab selama ziarah ini agar tidak tersesat.

Di Multazam, antara Batu Hitam dan sebelum Gerbang Ka’bah

Multazam menjadi tempat wajib sholat ketika para peziarah melakukan ziarah. Ini ditegaskan oleh Ibnu Abbas RA bahwa Rasulullah saw bersabda:

“Multazam adalah tempat di mana doa-doa dijawab. Tidak ada satu doa pun dari seorang pelayan di Multazam, kecuali untuk dijawab” (HR. Ahmad dalam Musnad Imam Ahmad Volume V, hal. 347).

Masjid Al Haram

Masjid Agung adalah masjid terbesar di dunia dengan kapasitas hingga 4 juta umat. Banyak tempat utama untuk sholat dan sholat di Masjid Agung lebih penting daripada sholat di tempat lain.

“Shalat di masjid saya (Masjid Nabawi) lebih baik dari 1000 shalat di tempat lain, kecuali di Masjid Haram. Shalat di Masjid Al Haram lebih baik dari 100.000 kali shalat di tempat lain” (HR Ibnu Majah)

Hijir Ismail (Talang Emas)

Hijir Ismail atau Talang Emas terletak di utara Ka’bah dan dikelilingi oleh dinding setengah lingkaran rendah. Ketika di Hijr Ismail, yang terletak di utara Ka’bah, ada praktik umum seperti sunnah, zikir dan sholat. Rasulullah VI. Dia berkata: “Dari Aisyah r.a. dia berkata: Saya ingin memasuki Ka’bah untuk berdoa di dalamnya.”

Lalu Utusan Allah. Saya meletakkan tangan saya di Hijir Ismail sambil mengatakan, “Jika Anda ingin memasuki Ka’bah, maka anak ini sebenarnya bagian dari Ka’bah. Karena ketika orang-orang Anda membangun Ka’bah lagi, kurangi sampai Hijir keluar dari Ka ‘ba. “(Hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Daud, Nasai dan Tirmizi).

Rukun Yamani dan Hajar Aswad

Pilar, yaitu pilar, adalah empat sudut Ka’bah yang disebut Pilar Aswad, Pilar Irak, Pilar Shami dan Pilar Yamani. Sedangkan Pilar Aswad atau Hajar Aswad adalah posisi “batu hitam”, yang merupakan posisi awal para peziarah ketika mereka melakukan tawaaf. Karena itu, berdoa di atas Batu Hitam sangat efektif dan mencium ciuman batu hitam ini.

Baca juga : Biaya Umroh dari Pekanbaru

“Dan (ingat), ketika Ibrahim mengangkat (membangun) fondasi Bait Suci bersama Ismail (sambil berdoa):” Ya Tuhan kami, terimalah dari kami (pekerjaan kami), pastilah Anda yang Maha Kuasa mendengar lagi mahatahu. “(Surat al-Baqarah: 127)

Di belakang makam Ibrahim

Makam Ibrahim adalah salah satu tempat shalat mustajab selama haji, karena setiap shalat akan dijawab oleh Tuhan. Makam Ibrahim berbentuk seperti sebuah bangunan kecil dengan kubah emas, perak dan kaca, yang terletak setelah gerbang Ka’bah di sebelah timur.

Di sekitar makam Ibrahim, peziarah melakukan shalat sunnah setelah tawaaf. Ibn Abbas berkata: “Tidak ada di dunia ini yang datang dari surga, kecuali Batu Hitam dan makam Ibrahim.”

Sumur Zam – Zam

Salah satu tempat shalat mustajab selama ziarah lainnya adalah sumur Zam-Zam di kota Mekah. Jemaah pertama-tama harus berpura-pura ketika mereka ingin minum air zam-zam ini. Insya Allah doa Anda akan dijawab oleh Allah SWT.

Rasulullah Saw minum air dari sumur zam-zam dan berkata: “Air Zam-zam penuh dengan berkah dan makanan yang memberinya makan dan obat untuk penyakit itu. Gabriel mencuci hati saya pada malam Israel” dengan air itu dengan baik “(HR Muslim Bukhari)

Ar-Raudah

Raudah, yang berarti taman surga ini, adalah area kecil di Masjid Nabawi antara mimbar Imam Masjid Nabawi dan makam Nabi Muhammad, Abu Bakar As Sidiq dan Umar bin Khattab.

Saat memasuki Ar-Raudah, ia ditawari untuk shalat 4 rakaat Sunnah, zikir, sholat dan membaca Alquran. Rasulullah Saw. Dia berkata: “Tempat antara rumah saya dan mimbar saya adalah taman surga.” (SDM. Muslim).

Bukit Shafa dan Marwa

Bukit Shafa dan Marwa adalah dua bukit yang berada di dekat Ka’bah. Jarak antara bukit Shafa dan Marwah adalah sekitar 450 m. Diceritakan oleh Jabir dari Abdullah, Rasulullah SAW berkata untuk pergi ke Safa untuk melihat Kabah. Setelah itu, ucapkan doa monoteisme, tahmid dan takbir tiga kali. Kemudian berdoalah sesuai dengan yang Anda inginkan. “(HR. An Nasa’i)

Nah, itu 8 tempat doa mustajab ketika Umrah sayang untuk dilewatkan. Jika Anda berencana untuk pergi ke Umrah dalam waktu dekat, hubungi Annajwa Tour. Annajwa Tour merupakan Travel Umroh di Pekanbaru terbaik, cek selengkapnya di https://www.annajwatour.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *