Cara Mudah Membuat Ikan Nila Cepat Besar

Banyak orang mulai menyukai hobi memelihara ikan. Tidak hanya itu saja, tetapi budidaya ikan rupanya dipandang memiliki sisi bisnis yang cukup menjanjikan. Demikian halnya dengan kemunculan para peternak ikan nila. Sebagai peternak pemula umumnya mereka akan mencari tahu cara mudah membuat ikan nila cepat besar. Hal ini merupakan jenis pertanyaan yang banyak dicari jawabannya. Oleh sebab itu informasi semacam ini cukup penting untuk membantu para pemula dalam membudidayakan ikan nila tersebut. Supaya lebih jelas, berikut ini seedikit informasi berkaitan dengan hal tersebut di atas.

Mengatur Kadar Oksigen

Sama halnya dengan makhluk hidup lainnya, ikan nila juga membutuhkan kadar oksigen yang tepat. Apabila kandungan oksigen di dalam air tidak maksimal, bisa jadi pertumbuhan ikan menjadi terganggu. Hal ini memudahkan ikan terserang penyakit, atau bahkan bisa menyebabkan ikan mudah mati lemas. Oleh sebab itu sebaiknya ciptakan kondisi media budidaya yang memiliki cukup kadar oksigen. Bila perlu tambahkan penggunaan alat untuk gelembung udara, supaya membantu suplai oksigen yang lebih optimal.

Pemberian Pakan Yang Tepat

Selanjutnya cara mudah membuat ikan nila cepat besar yaitu dengan memperhatikan jenis pakan yang diberikan. Tentu saja ada banyak pilihan pakan yang bisa diberikan. Namun, bisa jadi tidak semua jenis ikan nila cocok dengan aneka jenis pakan. Untuk memastikan hal tersebut, sebaiknya cobalah umpan ikan nila satu persatu dan lihat hasilnya secara berkala. Jika ikan tumbuh sehat dan aktif, maka bisa jadi pakan yang diberikan cocok dan dapat digunakan secara berkelanjutan. Tetapi jika pertumbuhan ikan tidak maksimal, bisa saja hal ini akibat jenis pakan yang kurang cocok.

Media Yang Bersih

Selalu pastikan kolam atau akuarium yang digunakan dalam keadaan bersih. Budidaya ikan nila yang baik tentu sama artinya dengan memastikan lingkungan tempat tinggal ikan yang juga memadai. Sehingga dalam pertumbuhannya, ikan tidak mudah sakit dan bisa bertumbuh dengan sehat. Oleh sebab itu menguras kolam sebaiknya dilakukan secara rutin dan berkala. Selain itu jika kolam terletak di dekat pohon, jangan lupa untuk rajin membersihkan daun-daun yang terjatuh ke dalam kolam. Dengan demikian maka kolam budidaya ikan nila selalu terjaga kebersihannya.

Hindarkan Stress

Ikan juga bisa dengan mudah mengalami stress. Ini adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh para pemula yang sedang mencoba budidaya ikan untuk pertama kalinya. Usahakan supaya ikan tidak merasa takut atau terancam. Misalnya jauhkan dari jangkauan hewan pemangsa yang dapat membuat ikan merasa ketakutan. Tidak hanya itu saja, menciptakan suasana kolam yang nyaman juga dapat membantu pertumbuhan ikan nila yang lebih optimal. Misalnya dengan jumlah ikan yang disesuaikan dengan luasan kolam. Dengan kondisi tersebut, maka ikan dapat meningkatkan nafsu makanannya dengan baik. Sehingga berat badan bertambah dan tubuhnya bertumbuh cepat besar.

Itulah tadi sekilas tentang cara mudah membuat ikan nila cepat besar. Dengan beberapa langkah penting di atas, diharapkan ikan nila yang dibudidayakan berkembang dengan baik dan memiliki bobot yang makin berat. Sehingga nantinya harga ikan nila yang dipelihara juga lebih mahal dan bernilai tinggi. Adapun jika informasi di atas dirasa masih kurang lengkap, coba saja untuk melihat lebih lanjut di situs Sudutkebun.com. Dapatkan informasi yang lebih akurat tentang berbagai hal yang berkaitan dengan budidaya ikan nila. Semoga berhasil!

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *