Jenis - Jenis Bahan Kaos Yang Harus Kamu Ketahui
Wisata

Jenis – Jenis Bahan Kaos Yang Harus Kamu Ketahui

Pakaian adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Keberadaannya sebagai pelindung kulit terhadap sengatan matahari membuat setiap orang harus memperhatikan bahan-bahannya. Termasuk, saat membeli baju dalam distribusi.

Berikut adalah 5 jenis bahan kaos yang wajib kamu ketahui. Nah, sebelum masuk ke materi buat kamu yang butuh referensi tempat beli baju khusus ukuran jumbo bisa ke https://bugatos.com ya.

Cotton Combed

Bahan ini adalah kain yang paling sering digunakan untuk kemeja. Bukan tanpa alasan, cotton combed yang terbuat dari serat kapas halus memiliki atasan lembut yang diproses, sehingga nyaman saat dikenakan. Serat kapas memiliki karakteristik yang berbeda dari bahan lain, seperti menjadi lebih rata dan lebih rapi dalam proses menenun.

Cotton combed dapat dibagi menjadi berbagai jenis, seperti 20, 24, 30, dan 40. Yang membedakan angka-angka ini adalah ketebalan. Kapas yang disisir dengan jumlah besar berarti lebih ramping. Semakin tipis, semakin tinggi harga jualnya. Kaos yang dijual di butik atau distro umumnya terbuat dari Cotton Combed 20s dan 30s, yang merupakan ketebalan yang benar. Secara umum, kemeja yang terbuat dari kapas disisir menyerap keringat lebih dari bahan lainnya.

Polyester

Kaus poliester paling sering digunakan sebagai jersey atau pakaian olahraga. Jenis poliester adalah bahan yang terdiri dari serat sintetis, diproduksi dari unsur-unsur yang berasal dari minyak bumi. Setiap bahan kaos memiliki kelebihan. Polyester memiliki keunggulan dalam ketahanannya.

Kaos yang terbuat dari poliester tidak mudah kusut, tahan kuman, tahan air, dan cepat kering setelah dicuci. Itulah alasan mengapa banyak kaus atlet olahraga terbuat dari bahan ini. Beberapa dari mereka karena mereka lebih tahan lama dan dapat digunakan lebih lama daripada bahan lainnya.

Baca juga : Atasan Wanita Lengan Panjang

Spandek

Berbeda dengan dua bahan sebelumnya, spandex adalah kain dengan karakteristik yang cukup elastis. Meski begitu, kain ini memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan bahan lainnya. Ketebalan yang relatif tipis membuat harga T-shirt yang dibuat dengan T-shirt jenis ini lebih murah daripada T-shirt yang dibuat dengan bahan lain.

Bahan spandex yang bisa diregangkan hingga 5 kali ukuran normal sengaja dibuat untuk menggantikan bahan karet. Karena sifatnya yang elastis, T-shirt yang terbuat dari spandek memiliki keuntungan memfasilitasi gerakan pengguna, mereka tidak mudah kusut, mereka mudah untuk kembali ke ukuran normal setelah peregangan, mereka lembut dan dapat mengikuti bentuk atau lekuk tubuh. Kemeja spandex umumnya lebih banyak digunakan oleh wanita.

Viscose

Kain Viscose lebih dikenal sebagai kain rayon. Bahan ini termasuk bahan kaos yang memiliki tekstur seperti kapas yang terbuat dari serat kapas. Viscose sendiri terbuat dari serat sintesis selulosa. Jenis kain ini tergolong kain mewah, sehingga relatif tinggi di pasaran.

Seperti bahan lainnya, bahan viscose juga memiliki keunggulan, seperti lebih nyaman saat digunakan, kekuatan serat yang lebih baik, warna yang lebih mencolok, serat dengan kepadatan tinggi dan pencetakan mewah untuk setiap pengguna. Jenis kain ini jarang dijumpai di pasar bebas, karena harganya relatif lebih tinggi dari bahan lain.

Chief Value Cotton

Chief Value Cotton atau biasa disingkat CVC adalah jenis kain yang terbuat dari campuran polyester dan katun. Tapi, ada lebih banyak item kapas di dalamnya. Dari kombinasi tersebut, dapat disimpulkan, bahan jenis ini dapat menyerap keringat dan memiliki daya tahan lebih besar.

CVC memiliki daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan cotton combed, karena terbuat dari campuran lain. Juga, kaos yang terbuat dari CVC tidak mudah kusut, mereka tidak mudah luntur saat dicuci.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *