Makanan Khas Lamongan

Makanan khas Lamongan rupanya cukup disukai oleh masyarakat terutama di seputar Jawa Timur. Lamongan tampaknya tidak hanya dikenal akan objek wisata bahari yang dimilikinya saja tetapi juga dikenal akan kulinernya. Berbagai makanan khas dari daerah Lamongan dikenal akan citarasanya yang khas dan sangat menggugah selera. Jika berkunjung ke Lamongan maka Anda bisa menikmati berbagai tempat wisata yang tersedia sambil menikmati aneka kuliner khas Lamongan. Bagi pecinta kuliner Jawa Timur, belum lengkap rasanya jika tidak mencoba menu makanan khas Lamongan berikut ini.

  1. Soto Ayam Lamongan

Soto ayam khas Lamongan tampaknya telah banyak diketahui dan dicicipi oleh masyarakat tanah air khususnya di Pulau Jawa. Rupanya soto ini sangat populer sehingga Anda bisa menemukannya tidak hanya di Lamongan saja tetapi juga di kota-kota lainnya. Banyak penjaja soto ayam ini di berbagai daerah di Nusantara sehingga Anda bisa membelinya di mana saja dengan lebih mudah.

  1. Nasi Boranan

Makanan khas Lamongan yang satu ini juga cukup populer sehingga banyak dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Lamongan. Anda bisa menemukannya di beberapa pasar tradisional yang tersebar di Lamongan. Nasi ini biasnaya disajikan dengan dilengkapi berbagai macam lauk-pauk tradisional yang lainnya. Tentunya makanan khas ini memiliki citarasa yang juga khas dan membuat Anda akan selalu teringat dengan citarasa yang khas tersebut.

  1. Bandeng Colo-Colo

Lamongan umumnya juga dikenal sebagai daerah penghasil ikan tawar terutama ikan bandeng. Maka tak heran bila disini tersedia beragam kuliner dengan bahan dasar ikan bandeng. Ikan bandeng diolah sedemikian rupa hingga salah satunya menjadi makanan dengan nama Bandeng Colo-Colo yang cukup populer. Makanan ini menyajikan ikan bandeng yang diolah dengan menggunakan berbagai macam bumbu dan dilengkapi dengan hidangan lalapan serta sambel ulek tradisional.

  1. Winko Babat

Winko babat menjadi jajanan makanan khas Lamongan yang seringkali dibeli oleh para wisatawan untuk dijadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh. Jajanan khas ini terbuat dari bahan ketan dan kelapa yang diolah dengan menggunakan bahan pelangkap lainnya. Jajanan ini memiliki perpaduan rasa yang cukup unikyaitu rasa gurih yang berpadu dengan rasa manis yang legit. Anda bisa menikmatinya sebagai camilan teman minum teh hangat atau kopi.

  1. Nasi Goreng Lamongan

Meski terdengar biasa, tetapi banyak yang sudah paham citarasa khas dari nasi goreng Lamongan. Tidak heran jika banyak penjual nasi goreng seputar Lamongan yang mengadu nasib ke kota lain. Rasanya sangat lezat, dipadukan saos tomat dan irisan ayam dengan bumbu kaldu ayam yang super gurih. Membuat banyak lidah ketagihan untuk terus mencoba makanan khas Lamongan favorit ini.

  1. Es Dawet Siwalan

Bagi Anda yang ingin minum minuman segar tradisional khas Lamongan maka Anda bisa mencoba es dawet yang terbuat dari bahan dasar buah siwalan atau lontar. Tentu saja rasanya manis karena es dawet ini dihidangkan seperti es cendol dengan warna cokelat kekuningan. Minuman khas dari Lamongan ini akan melepaskan Anda dari dahaga dan membuat Anda lebih segar.

Makanan khas Lamongan sebenarnya sangat bervariasi sehingga dijamin tidak akan membuat bosan. Tidak hanya penampilan luarnya saja, tetapi varian rasa yang ditawarkan juga beragam. Mulai dari makanan dengan citarasa asin dan gurih hingga manis, semuanya tersedia di kota Lamongan. Jadi, tidak ada salahnya mencoba mencicipi, atau bila ada waktu cobalah memasak sendiri menu khas Lamongan tersebut.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *