Destinasi Wisata Kolong Tangga
Wisata

Menjelajah Keseruan yang Berkesan di Destinasi Wisata Kolong Tangga

Wisata kolong tangga, tentu bukan tempat wisata yang asing di telinga masyarakat Indonesia, terlebih lagi Yogyakarta. Sejak resmi pada tanggal 2 Februari 2008, wisata kolong tangga memang kerap kali menjadi incaran para wisatawan. Bagi yang mencari destinasi wisata anak yang cocok, maka ini merupakan pilihan yang pas. Adapun penggagas wisata ini adalah Rudi Corens. Perjalanannya selama 15 tahun di Indonesia ternyata membuatnya tertarik untuk membuat sebuah museum yang bisa mengedukasi para pengunjung dengan beragam karya seni yang ada di dalamnya. Bahkan rudi selaku orang yang memrakarsai museum ini mendedikasikan sebanyak 700 koleksi mainan pribadi serta sejumlah buku-buku priadi miliknya. Otomatis, sejumlah koleksi pribadi milik Rudi menjadi inventaris di museum kolong tangga.

Saat merampungkan museum ini, Rudi tidaklah sendirian, ia turut menggandeng tokoh seni yanga ada di kota Yogyakarta. Untuk segi penamaan sendiri, museum ini dinamai berdasarkan lokasi dan posisinya yang persis berada di bawah pintu tangga. Nuansa wisata anak sangat kental di museum ini, jadi akan sangat cocok bagi orangtua dalam menemukan lokasi wisata yang pas saat libur akhir pekan maupun libur panjang. Memberikan edukasi berharga kepada anak-anak di jaman sekarang ini memang suatu kewajiban bagi tiap orangtua. Merajalelanya penggunaan smartphone terlebih lagi untuk kalangan anak-anak haruslah diwaspadai dengan seksama. Jadi, wisata kolong tangga ini telah hadir sebagai alternatif terbaik bagi orangtua dan si buah hati.

Baca juga : Wisata Pantai Glagah

Akses Menuju Kolong Tangga

Bagi kamu yang berencana untuk berkunjung ke museum kolong tangga, tentu harus memperhatikan akses menuju kolong tangga ini. Untuk lokasinya berada di antara taman pintar dan pasar buku bekas Jogja. Jika kamu berada di jalan Malioboro, tinggal lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Hanya butuh waktu beberapa menit saja. Jadi sangat ekonomis untuk bisa menjangkau lokasi ini. 

Harga Tiket Kolong Tangga

Terkait harga tiket masuk ke Kolong Tangga, tarifnya masih relatif terjangkau. Bahkan untuk anak berumur dibawah 14 tahun digratiskan memasuki destinasi wisata ini. Untuk yang berumur diatas 14 tahun dikenakan tarif sebesar empat ribu rupiah. Namun saat akan mengambil gambar di kolong tangga ini, akan dikenakan biaya tambahan sebesar lima ribu rupiah sebagai donasi. Namun harus diingat saat memasuki museum, anak-anak di bawh umur harus diawasi oleh para orangtua. 

Baca juga : Kuliner Sop Ayam Pak Min

Aktivitas di Kolong Tangga

Beragam aktivitas yang bisa dilakukan di kolong tangga ialah mengedukasi anak-anak dengan sejumlah permainan tradisional menarik. Keseruan memperkenalkan sejumlah permainan tradisional kepada mereka adalah nilai budaya yang sangat besar. Anak-anak diajak sertam mengenal budaya sekitarnya sehingga bisa menjadi generasi yang mampu melestarikan budaya bangsanya. Orangtua juga diberikan kebebesan untuk turut membimbing serta si buah hati saat bermain di dalam kolong tangga. Jadi, segala aktivitas yang akan dilakukan si anak bisa diawasi. Para orangtua juga bisa turut membimbing anak-anak yang telah masuk ke dalam saat melakukan kegiatan sehingga akan terlihat apa saja yang akan menarik perhatian mereka. Namun, jika usia anak yang bersangkutan sudah bisa belajar sendiri, maka bebaskan saja ia untuk mengeksplor lagi terkait apa saja yang ada di dalam museum kolong tangga ini. Itulah informasi mengenai wisata kolong tangga mulai dari akses menuju lokasi, harga tiket masuk hingga aktivitas yang dilakukan di dalamnya. Dengan demikian, bersiaplah untuk mengajak si buah hati ke dalam dunia penuh edukasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *