Museum Gunung Merapi Yogyakaarta
Wisata

Museum Gunung Merapi, Akses, Aktivitas & Harga Tiket

Museum Gunung Merapi, mungkin menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin belajar banyak tentang gunung berapi. Bahkan, ini akan membuat Anda lebih mengerti tentang posisi Indonesia di ring of fire. Hal yang paling penting untuk diketahui adalah mitigasi. Kemudian, di museum ini, pengunjung akan menerima pendidikan yang terkait dengan bencana vulkanik dan cara mengatasinya. Jam berfungsi sebagai sarana untuk belajar tentang bencana vulkanik, museum ini juga bertujuan untuk menjadi tempat untuk mengembangkan ilmu bencana dari gempa bumi, gunung berapi dan berbagai jenis bencana lainnya. Karena lokasi museum itu sendiri, tepat di lereng Merapi. Suasana sejuk tentu menyelimuti lingkungan. Anda juga bisa mengatakan bahwa bentuk bangunan museum itu unik. Jangan heran jika banyak pengunjung yang tertarik untuk datang. Ketika cuaca cerah, pengunjung dapat melihat keagungan Gunung Merapi dari sekitar museum. Mau tau tempat sewa bus pariwisata di Semarang? Informasi lengkapnya bisa cek di https://websiteriau.co.id/sewa-bus-semarang.

Moto yang memimpin museum ini adalah “Merapi Jendela Bumi”. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa banyak makna disembunyikan dalam kalimat. Museum Gunung Merapi dibagi menjadi dua lantai. Saat memasuki lantai pertama, pengunjung akan disambut dengan model Gunung Merapi yang besar. Dengan cara ini, para model dibuat seolah-olah mereka aktif dengan kehadiran raungan saura dan asap yang keluar. Pengunjung juga dapat menemukan tombol tahun pada model gunung. Tahun-tahun yang dipermasalahkan adalah tahun-tahun erupsi. Jika tombol ditekan, akan ada demonstrasi erupsi di tahun-tahun erupsi. Ada juga narasi dan musik latar di Jawa.

Akses ke Museum Gunung Merapi

Bagi Anda yang akan berkunjung, tentu saja Anda harus tahu terlebih dahulu akses ke museum. Jarak dari museum ini ke objek wisata Kaliurang sekitar 5 kilometer. Lalu, bisa dibilang tidak sejauh ini. Lokasi tepat di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, DIY. Jika Anda memulai perjalanan dari Yogyakarta, cukup ikuti jalan Kaliurang di barat. Museum Gunung Merapi terletak di sisi kanan jalan.

Harga tiket untuk Museum Gunung Merapi

Sebagai objek wisata pada umumnya, museum gunung berapi Merapi juga menawarkan tarif kepada pengunjung. Harga tiket di museum gunung berapi Merapi adalah tiga ribu rupee per orang. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin menonton film di bioskop mini, dikenakan biaya tambahan sebesar Rs 5.000 per orang. Selain tarif, Anda juga harus tahu bahwa museum Gunung Merapi buka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 09.00 pagi. pukul 3.30 malam Pada hari Senin, museum ini tidak terbuka.

Aktivitas di Museum Gunung Merapi

Kegiatan yang bisa dilakukan oleh para pengunjung yang datang adalah dengan mengunjungi daerah-daerah yang telah disediakan. Pertama, pengunjung dapat pergi ke zona gunung berapi dunia. Di sini, Anda dan pengunjung dapat melihat dokumentasi dan aksesori tentang fenomena gunung berapi yang ada di seluruh dunia. Di setiap layar ada panel informasi yang terdiri dari dua bahasa untuk memudahkan pengunjung untuk mengerti. Selain zona gunung berapi global, juga dimungkinkan untuk memasuki area khusus Gunung Merapi, yang berisi informasi tentang pintu masuk dan, bagaimanapun, Merapi. Di kawasan ini, pengunjung dapat menemukan berbagai mitos yang menyertai Gunung Merapi. Jika Anda bosan di lantai satu, pengunjung dapat melanjutkan ke lantai dua. Ada aksesoris untuk terjadinya bencana tsunami, serta foto-foto letusan. Wisatawan dapat melihat dokumentasi letusan Merapi dari tahun 1930 hingga 2010.

Itulah informasi tentang destinasi museum Gunung Merapi, mulai dari akses ke tempat-tempat, harga pintu masuk hingga kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Jika Anda tertarik, maka sekarang saatnya untuk bersiap. Jangan lupa untuk mengundang anggota keluarga Anda agar mereka dapat dididik tentang bencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *