Tips Membeli Mobil Bekas di Showroom
Wisata

5 Tips Membeli Mobil Bekas di Showroom agar Tidak Tertipu Penjual Nakal

Bagi sebagian orang yang hanya ingin memiliki mobil pertama, membeli mobil bekas dari showroom adalah pilihan yang tepat. Alasannya, di showroom kami itu akan menghadapi mobil dari berbagai merek, tahun produksi, hingga harga variabel.

Tetapi masalahnya adalah bahwa membeli mobil bekas di ruang pamer tidak boleh diabaikan, karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebab, lebih dari beberapa dealer yang tidak bermoral menjual mobil dengan penampilan rapi tetapi kondisi mesin memburuk. Sebelum Anda menyesalinya, berikut adalah tips untuk membeli mobil bekas di showroom.

Bekali diri Anda dengan informasi

Tips pertama sebelum membeli mobil bekas di ruang pamer adalah Anda harus terlebih dahulu melengkapi diri dengan informasi dari mobil target. Anda dapat melakukan penelitian skala kecil dengan menavigasi di dunia maya.

Temukan jenis dan merek mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah menemukan merek dan model yang cocok, Anda juga harus meneliti spesifikasi kendaraan serta harga pasar mobil yang Anda cari. Catat informasi untuk perbandingan segera ketika memeriksa dengan showroom. Harga pasar ini penting agar Anda dapat menyesuaikan anggaran Anda.

Ketahui sejarah mobil

Setelah Anda sampai ke ruang pamer dan melihat kendaraan impian, Anda harus bertanya tentang sejarah mobil. Periksa bagian bawah kendaraan dengan hati-hati. Anda bisa bertanya di showroom tentang berbagai hal, dari alasan mobil itu dijual, penggunaan rutin, hingga pengujian servis dan perawatan.

Tidak sembarangan, uji servis merupakan faktor yang tidak boleh diremehkan karena mobil dengan riwayat servis rutin dan tampil di bengkel resmi memiliki kondisi mesin lebih prima. Selain itu, mobil yang diperbaiki secara teratur juga dapat memberi Anda gagasan bahwa pemilik sebelumnya merawat mobil dengan sangat baik.

Periksa kondisi fisik mobil

Setelah menanyakan ruang pamer tentang sejarah mobil yang diidamkan, kini saatnya melakukan pemeriksaan fisik mobil, baik itu eksterior maupun interior mobil.

Ada beberapa hal yang perlu Anda periksa dengan cermat, mulai dari kondisi blok mesin, bodywork, hingga kondisi cat mobil yang ideal. Jangan langsung terkesan dengan penampilan mobil dan mesin yang bersih dan mengkilap, karena tidak menjamin kondisi mesin mobil.

Bagi Anda yang tidak benar-benar mengerti atau tidak terbiasa dengan mobil, Anda tidak perlu khawatir. Alasannya adalah bahwa Anda dapat membawa teman atau mekanik terkenal untuk melakukan pemeriksaan pada mobil yang didambakan.

Periksa integritas mobil

Selain memeriksa kondisi fisik mobil target, Anda juga harus memeriksa integritas mobil. Lihat dan perhatikan dengan seksama, warna, jenis, tahun, nomor polisi, dan nomor mesin yang cocok.

Jika Anda melihat sesuatu yang berbeda, jangan ragu untuk bertanya kepada penjual atau ruang pamer. Nah, jika Anda tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan, jangan ragu untuk meninggalkannya.

Ambil test drive

Tip terakhir sebelum membeli mobil di showroom adalah mengujinya secara langsung, juga dikenal sebagai test drive. Dengan test drive, Anda dapat mengidentifikasi dan merasakan kenyamanan performa mesin mobil saat mengangkutnya di jalan. Anda harus memperhatikan bunyi mesin, getaran mesin, dan asap di knalpot mobil.

Saat Anda mencoba, jangan terlalu cepat mengevaluasi mobil yang Anda cari. Karena performa mesin baru bisa dirasakan saat mengujinya untuk waktu yang lama atau jarak jauh. Jadi, maksimalkan momen pengujian ini dengan baik sehingga Anda tidak menyesalinya. Untuk pembelian mobil bekas kamu juga bisa cek di SEVA Mobil Bekas, yang infonya bisa kamu cek di https://websiteriau.co.id/seva-mobil-bekas, selamat membaca.

Selamat mencari mobil bekas di showroom!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *