Tips Merawat Mesin Fotocopy Terbaik Yang Wajib Kamu Ketahui

Tips Merawat Mesin Fotocopy – Semua orang tahu dan pernah melihat mesin fotokopi. Mesin fotocopy yang kita kenal selain berfungsi mencetak gambar juga bisa mencetak teks. Pencetakan gambar dan tulisan dibuat dari lembaran kertas kosong yang disalin pada mesin fotocopy.

Mesin fotokopi merupakan teknologi yang memiliki fungsi membuat salinan kertas dari dokumen, buku dan sumber lainnya. Mesin fotokopi pertama ditemukan oleh fisikawan Amerika Chester Carlson pada tahun 1939. Mesin fotokopi tersebut menggunakan listrik statis untuk memperbanyak naskah yang disebut xerografi.

Prinsip mesin fotokopi dan langkah kerja

Prinsip dasar dari semua mesin fotokopi adalah xerografi. mesin fotocopy menggunakan cahaya, drum dan toner untuk mengkopi ketiga bagian tersebut adalah bagian terpenting dari mesin fotocopy. Untuk membuat salinan kertas yang ditempatkan pada kaca mesin itu akan diterangi, cahaya ini akan ditangkap dan dipantulkan oleh lensa ke arah drum. Drum bermuatan negatif hingga toner powder yang berbahan dasar serbuk besi halus menempel pada toner. Drum yang terserang cahaya yang dipantulkan lensa akan kehilangan muatan negatifnya hingga debu toner tidak lagi menempel, sedangkan sisi yang tidak terkena cahaya (bayangan) seperti tulisan atau gambar akan tetap bermuatan negatif.

Toner bubuk akan tetap berada dalam bayangan aslinya. Setelah drum selesai menempelkan semua bubuk toner yang diperlukan untuk pencetakan, sekarang saatnya kertas fotokopi melewati lembar baki ke sisi bawah drum. Drum berputar ke bawah sejajar dengan permukaan kertas fotokopi. Alas kertas fotocopy memiliki daya tarik magnet yang lebih kuat dari pada drum mesin hingga semua bubuk toner jatuh dan menempel pada kertas, langkah terakhir adalah memanaskannya dengan cara menekan bubuk toner pada kertas tersebut hingga menempel. tegas tidak fleksibel, jadi mengapa kertas yang dihasilkan? Fotokopi terlihat panas setelah meninggalkan mesin fotokopi.

Perubahan teknologi semakin canggih. Di jaman sekarang ini printer terdapat dua keunggulan yaitu sebagai mesin fotocopy. Artikel ini tidak membahas persamaan dan ketidaksamaan mesin fotokopi tersebut. Namun mari kita bahas langkah-langkah perawatan mesin fotocopy. Tentunya anda belum paham atau tidak tahu bagaimana cara merawat mesin fotocopy dengan baik. Pada artikel kali ini kita akan membahas langkah-langkah perawatan mesin fotocopy. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga : Jual Mesin Fotocopy di Pekanbaru

Langkah perawatan mesin fotocopy memang sangat mudah dan sederhana, namun harus dilakukan secara tertib dan terprogram agar kualitas dan performa mesin fotocopy tetap terjaga. Jangan meremehkan damage sekecil apapun agar tidak bertambah parah. Jika kerusakan cukup parah, umumnya kita akan malas melakukan perbaikan karena mahalnya biaya jasa perbaikan dan harga suku cadang yang tinggi.

Cara Perawatan Mesin Fotocopy

Bersihkan roller registrasi

Untuk mesin jenis tertentu bersihkan roller registrasi dengan lap kering, jika kabel korona (baik anak tangga atas maupun bawah) tampak berwarna hitam, harus segera diganti agar hasil cetakan tetap bagus.

Bersihkan drum

Bersihkan permukaan drum secara teratur menggunakan sampolly (alkohol), hati-hati jangan sampai tergores atau berubah bentuk.

Bersihkan kaca

Bersihkan kaca dokumen (kaca) dan cermin (kaca kecil) dengan menggunakan kain alkohol. Noda yang menempel pada kaca mengganggu hasil kotoran dan noda pada fotocopy. Pastikan tangan Anda bersih saat membersihkan.

Bersihkan kuku Anda

Bersihkan kuku Anda (clow) secara berkala agar kertas tidak tersangkut.

Baca juga : Harga Digital Signage

Menggunakan cat berkualitas

Menggunakan tinta berkualitas yang sesuai dengan jenis mesin fotocopy akan menjadi nilai tambah untuk mencapai performa yang baik dan memperpanjang umur drum.

Bersihkan bagian luar mesin fotokopi

Bersihkan bagian luar mesin fotokopi untuk menghilangkan debu dan kotoran. Jauhkan sampah dan makanan serta benda-benda kecil seperti isi pokok, paku payung dengan tujuan tidak masuk atau jatuh ke mesin fotokopi.

Tetap gunakan kertas tebal

Sedapat mungkin hindari penggunaan kertas yang tidak tipis atau tebal, terutama bagian samping, karena dapat merusak permukaan silinder.

Demikian tips merawat mesin fotocopy agar mesin awet dan hasil cetak tetap bagus. Kami berharap tip-tip ini membantu Anda menjaga mesin fotokopi Anda bekerja dengan baik dan tidak menghalangi aktivitas Anda.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *